Rabu, 29 Agustus 2018

15 Cara Menata Ruang Tamu Sempit Memanjang


Oleh karena situasi dan kondisi, kadang tinggal di hunian dengan luas area terbatas tak terhindarkan bagi beberapa orang. Entah rumah di kompleks perumahan atau apartemen. Namun, keadaam bukanlah halangan untuk menciptakan ruang hidup yang ideal untuk kita dan seluruh keluarga. Ruang tamu berbentuk sempit memanjang tetap berpotensi memberikan kenyamanan. Salah satu dari desain ruang tamu berikut ini pasti bisa menginspirasi Anda. 

1. Sofa tunggal panjang

 Ruang Keluarga by hq-design
Mengingat ruang yang terbatas, batasilah jumlah furnitur di ruang tamu/ ruang keluarga mungil. Pilih sofa single yang sama panjang dengan panjang ruangan. 

2. Ruang tamu dan ruang makan

 Ruang Keluarga by EZGİ AYDOGDU İçmimarlık Danışmanlık ve İnşaat Hiz.
Anda juga bisa membagi ruangan menjadi dua area, yaitu ruang tamu dan ruang makan. Gambar menunjukkan sebuah ruangan yang berbentuk zigzag akibat struktur bangunan. Meski demikian, ruangan ini telah ditata secara efektif dengan menjadikan sudut ruangan sebagai ruang makan. 

3. Di depan jendela

 Ruang Keluarga by Altuncu İç Mimari Dekorasyon
Apalah fungsi panorama indah di luar bila tidak untuk dinikmati? Cara lain menyiasati bentuk ruangan yang kecil memanjang adalah membuat jendela besar di salah satu sisinya. Lalu menata area duduk yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan di luar jendela. 

4. Meja sebagai pusat perhatian

 Ruang Keluarga by Tepeli İç Mimarlık
Bahkan ruangan kecil pun memiliki kesempatan untuk tampil menarik secara  sederhana. Pilih atau buat meja kopi berdesain unik, tapi jangan lupa sesuaikan warnanya dengan sofa dan karpet. 

5. Aksen dinding

 Ruang Keluarga by Studio HAUS
Mengecat warna satu bagian dinding dengan warna berbeda sering diaplikasikan untuk menciptakan keluasan secara visual. Pada contoh ini ada dua dinding yang warnanya berbeda, bahkan saling berlawanan. Meski demikian suasana tidak tampak tumpang tindih karena desainer menempatkan satu jendela kaca besar dengan bingkai kontras. 

6. Warna dan motif di dinding

 Ruang Keluarga by Artcrafts
Cara ini hampir sama dengan contoh sebelumnya. Bedanya, aplikasi warna menempati bidang yang luas sampai ke langit-langit ruangan. Dua kedalaman warna turqoise di dinding berhadapan dengan dinding yang didekorasi motif geometris. 

7. Rak dinding tempel

 Ruang Keluarga by Duo Arquitetura
Rak dinding tempel bukan hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, tapi juga dekorasi. Tergantung pada benda apa yang kita letakkan di sini, dan bagaimana cara menyusunnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar